BERITA

Dilema Besar Zidane Jelang Final Liga


02 Jun 2017

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Pertandingan final Liga Champions melawan Juventus akan memberi Zinedine Zidane tekanan begitu besar. Pertanyaan siapa yang akan ia turunkan Isco atau Gareth Bale terus menggema.

Satu keputusan Zidane dalam pertandingan ini menentukan karier Gareth Bale selanjutnya. Bale sempat mengatakan pergelangan kakinya masih sakit karena cedera.

"Saya belum 100 persen. Saya belum bermain untuk enam atau tujuh minggu. Jelas operasi saya belum benar-benar pulih," kata Bale pada konferensi pers Open Media Day, seperti dilansir dari The Independent, Kamis (1/5).

hasil


Ada kemungkinan pemain 27 tahun itu tidak bisa ikut bermain di Cardiff pada 3 Juni mendatang. Hal ini bisa dilihat dari betapa seringnya ia berbicara tentang rasa sakit akibat cederanya.

Tapi Presiden Direktur Real Madrid Florentino Perez mendukung keberadaan Bale di lapangan. Ia suka melihat kekuatan dan kecepatan dalam permainan Bale.

Perez merasa kemampuan individual Bale adalah sejarah yang dibangun oleh Real Madrid. Tapi kali ini bukan kemampuan individu yang membuat Real Madrid sampai ke final.

Ada sedikit keraguan Isco yang lebih tajam dapat memberikan keseimbangan bagi Real Madrid saat ini dan membuat semua bagian dalam tim menjadi lebih baik. Tapi sebelumnya Madrid tampil tidak menyakinkan namun mereka berhasil membuktikan mereka tangguh di segala sisi terutama di dua laga terakhir Liga Champions saat melawan Bayern Muenchen dan Atletico Madrid.

Ini memberikan Zidane dilema terakhir dan terbesar sepanjang musim ini. Tapi banyak orang di Bernabeu yang yakin ia bisa menyelesaikan persoalan ini sebagai pelatih.

Jika melihat kemampuan tim yang meningkat sejak ada Isco maka Zidane bisa menurunkan Isco bila ia memberikan strategi terbaik untuk timnya. Namun jika ia memilih Bale ia akan terlihat sedikit politis. Terutama keberadaan Bale di final nanti akan memberikan simbolisasi yang kuat karena mereka bermain di Wales, negara Bale.

"Ini sangat istimewa untuk saya secara personal, ini di mana (Cardiff) saya lahir dan tumbuh. Semua final Liga Champions itu istimewa, tapi ini sedikit lebih istimewa," kata Bale.

Akan cukup mengejutkan bila Bale tidak ikut bermain di laga tersebut. Pernyataan tersebut tentu akan sulit ditolak. Karena itu Zidane membutuhkan solusi terbaik. Akan menjadi kejutan besar bila Bale tidak ikut bermain sejak awal di final yang diselenggarakan di negaranya.

Sementara Zidane belum mau mengofirmasi siapa yang akan ia turunkan menjadi starter. Ia mengakui bahwa ini menjadi keputusan yang sulit.

"Saya punya 23 pemain dan hanya bisa memilih 11. Beberapa pemain yang telah menjalani musim yang luar biasa mungkin tidak bisa tampil di awal, itu adalah yang paling sulit bagi saya," kata Zidane dalam konferensi pers Open Media Day, seperti dilansir dari Marca.

Menurut Zidane hal yang normal jika ada perdebatan siapa yang akan dimainkan Isco atau Bale. Karena, kata Zidane, keduanya pemain yang bagus. Zidane mengatakan Bale telah pulih dan sangat bersemangat untuk bisa bermain di Cardiff tapi semua pemain juga memiliki motivasi dan semangat untuk bermain di final Liga Champions.